Senin, 14 September 2015

Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran

20.43 Posted by centrio pgsd's blogs No comments
Dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran di sekolah dapat menimbulkan pembelajaran yang kurang manusiawi atau istilah lainnya adalah dehumanisasi. Dehumanisasi adalah penghilangan fungsi kerja manusia, yaitu penghilangan  tenaga dan gerak manusia. Hal ini biasa terjadi pada pendidikan tinggat rendah yaitu mulai dari SD, SMP, dan SMA. Pada pendidikan yang lebih tinggi, pemanfaatan multimedia ini justru menunjang kerja dan malah dianggap lebih manusiawi.

1. Pengertian Media
Media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, serta perhatian siswa sehingga proses pembelajaran terjadi

2. Faktor yang mempengaruhi kegagalan prestasi siswa
- intelejensi rendah
- motivasi belajar kurang
- cara belajar yang kurang efektif
- frekuensi belajar minim
- minimnya media pembelajaran

3. Fungsi Media
Memberikan pengalaman siswa tentang hal-hal yang konret yang kurang bisa dijelaskan dengan kata-kata. dengan adanya media, guru dibantukan dalam menyajikan hal-hal yang konkret kepada siswa.

4. Tahap Pengembangan media pembelajaran
Yaitu: Concept, design, materi, asembly, testing, distribution

5. Karakteristik Media
- bersifat fleksibel
- bersifat self spacing, yaitu adanya jeda untuk siswa menyerap materi pelajaran
- bersifat content rich
- bersifat interaktif

6. Peran Media Pembelajaran
- Menciptakan suasana belajar yang kondusif
- Mengaktualisasikan potensi
- Mengaitkan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari

7. Dasar pertimbangan menggunakan media pembelajaran
- tujuan intruksional yang ingin dicapai
- karakteristik siswa
- mendukung isi pembelajaran
- kondisi setempat
- jangkauan luas
- berkualitas baik

8. Keunggulan menggunakan media pembelajaran
- belajar sesuai kebutuhan
- terdorong untuk mengejar pengetahuan
- belajar sesuai kemampuan

0 komentar:

Posting Komentar